WSBK 2021 Mandalika ditunda karena hujan deras
WSBK 2021 Mandalika ditunda karena hujan deras

Cuplikanolahraga.com – WSBK (World Superbike) 2021 Mandalika Race 1, resmi ditunda karena hujan badai mengguyur lintasan.

Race 1 yang sejatinya digelar pada pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut ternyata terkendala cuaca ekstrim yang berpotensi membahaya para pembalap.

Dalam kondisi hujan deras, para pembalap termasuk pemuncak klasemen, Toprak Razgatligolu (Pata Yamaha) hingga sang juara bertahan, Jonathan Rea (Kawasaki), sudah berada di lintasan untuk bersiap. Namun, mereka terpaksa kembali ke PitBox karena hujan semakin deras.

Dalam siaran langsung race 1 WSBK Mandalika 2021, terlihat air mulai menggenangi beberapa titik Sirkuit Mandalika. Tidak hanya itu, pohon kelapa yang berada di Sirkuit Mandalika juga tampak bergoyang karena angin kencang.

Beberapa pebalap memilih masuk ke paddock mereka masing-masing. Beberapa pebalap tampak menunjukkan gestur berenang ketika disorot kamera mengingat beberapa titik lintasan sudah tergenang air.

Setelah menunggu sekitar satu jam, Race Director mengumumkan Race 1 resmi ditunda hingga hari minggu besok.

Jadwal WSBK Besok

Keputusan tersebut mengakibatkan jadwal Race besok menjadi berubah, termasuk Superpole.

“Race 1 WSBK hari ini ditunda. Balapan akan menggantikan Superpole 1 pada pukul 11.00 waktu setempat. Race 2 akan tetap digelar pada pukul 15.00 waktu setempat,” kata pernyataan resmi WSBK.

Penundaan ini sekaligus membatalkan balapan Tissot Superpole Race yang semestinya berlangsung hari Minggu. Race kedua Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang dijadwalkan berlangsung hari ini juga batal digelar.

Jadwal Minggu

  • 09:00: WorldSBK Warm-Up
  • 09:25: WorldSSP Warm-Up
  • 11:00: WorldSBK Race 1 (21 Laps)
  • 12:30: IATC Race 3 – (12 Laps, new race distance)
  • 13:30: WorldSSP Race 2 (19 Laps)
  • 15:00 WorldSBK Race 2 (21 Laps)

Pemuncak klasemen sementara World Superbike, Toprak Razgatlioglu, berupaya mengunci gelar juara dunia musim ini dari pole position pada race 1, setelah tampil tercepat di babak kualifikasi Tissot Superpole di Sirkuit Mandalika, NTB, Sabtu (20/11/2021) pagi WITA.

Pebalap tim Pata Yamaha with Brixx WSBK itu mencetak waktu tercepat 1:32,877, yang menjadi rekor baru Sirkuit Mandalika, di saat rider-ride lain tak kuasa menembus 1 menit 33 detik.

Rival terdekat dari pebalap Turki itu, Jonathan Rea, harus puas dengan P2 setelah terpaut 0,324 detik. Scott Redding dari tim Aruba.it Ducati melengkapi baris terdepan di P3 dengan jarak 0,379 detik dari Razatlioglu.

(Ald)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here