Timnas Indonesia Lawan Vietnam di Final Piala AFF U-16 Setelah Taklukan Myanmar Didrama Adu Pinalti

Cuplikanolahraga.com – Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah menang melalui drama adu pinalti. Indonesia akan kembali bertemu Vietnam di partai final.

Timnas Indonesia sempat tertinggal 1-0 dari Myanmar pada babak pertama semifinal Piala AFF U-16 di Maguwoharjo Stadium, Rabu 10 Agustus 2022. Gol Myanmar dicetak Nay Min pada menit 43. Namun Timnas Indonesia melalui Riski Afrisal menyamakan kedudukan pada menit 69 melalui tendangan bebas.

Penentuan pemenang laga dilakukan melalui adu pinalti. Timnas Indonesia menuntaskan pinalti dengan skor 5-4. Dengan demikian skor akhir 6-5.

Coach Bima Sakti telah menyiapkan eksekutor pinalti mengantisipasi jika laga berakhir seri. Mereka yang disipkan dan ditunjuk sebagai algojo antara lain Iqbal, Kaka, Figo, Andrika, dan Riski. Semua sukses menyarangkan gol ke gawang Myanmar.

Di babak final, Vietnam telah menunggu. Vietnam lolos ke final usai menaklukan Thailand 2-0 melalui gol Nguyen Cong Phuong menit 29 dan Nguyen Trong Tuan menit 82.

Perjalanan Timnas U-16

Tertinggal di babak pertama bukan pengalaman pertama. Ketika menghadapi Vietnam pada penyisihan babak grup, Timnas mampu comeback dan membalik keadaan menjadi kemenangan 2-1.

Dari pengalaman ini, mental Timnas tampaklebih kuat menghadapi tekanan. Mentalitas ini yang dibutuhkan untuk membalik keadaan pada semifinal ini. Sebab, ini menjadi laga hidup mati bagi Timnas.

Tim U-16 memastikan diri lolos dari fase grup setelah tiga kemenangan dan memimpin Grup A. selama perjalanan Garuda Asia di gelaran Piala AFF U-16, Filipina dihajar 2-0, sementara Singapura dihancurkan dengan skor telah 9-0, yang terakhir adalah comeback istimewa 2-1 saat melawan Vietnam, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8).

Vietnam mendapat penalti lebih dahulu pada menit ke-40. Le Dinh Long Vu dilanggar Rizdjar Nurviat dari belakang di kotak terlarang. Kapten Nguyen Cong Phuong bisa mengeksekusi penalti mejadi gol, dengan mengecoh kiper Andika Fathir.

Pada menit ke-52, gol penyama kedudukan akhirnya lahir. Berawal dari tusukan Narendra Tegar di sisi kiri, umpan bisa dilepaskan, dan diteruskan dengan tandukan Arkhan Kaka Putra Purwanto. Gol, Indonesia vs Vietnam kini 1-1.

Tak lama berselang, Indonesia bisa membalikkan keadaan. Pada menit ke-55, giliran Nabil Asyura bisa menuntaskan umpan terobosan dengan sepakan, yang gagal dibendung Pham Dinh Hai. Skor menjadi 2-1.

“Begitu turun minum, di ruang ganti saya sampaikan, bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berjuang membela bangsa dan negara,” kata Bima Sakti.

“Tampil lebih maksimal lagi, manfaatkan peluang, dan kurangi kesalahan. Alhamdulillah kami bisa mencetak gol di awal-awal (babak kedua),” sambungnya.

sumber: suara

Leave a Reply

Your email address will not be published.