MotoGP - Valentino Rossi dan Danilo petrucci Pensiun
MotoGP - Valentino Rossi dan Danilo petrucci Pensiun

Cuplikanolahraga.com – MotoGP Valencia 2021 menjadi balapan yang sangat emosional bagi Valentino Rossi yang menjadi balapan terakhirnya di MotoGP. Pembalap berusia 42 tahun tersebut akhirnya menyatakan pensiun setelah berkarier di dunia balap profesional sejak tahun 1996.

Selain Rossi, rekan senegaranya yaitu Danilo Petrucci juga beberapa hari yang lalu menyatakan pensiun dari MotoGP yang sudah berkarier di MotoGP sejak 2012 lalu.

Pada balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (14/11/2021) malam WIB tersebut, menghadirkan pemandangan haru bagi kedua pembalap asal Italia tersebut.

Balapan terakhir Valentino Rossi menjadi tajuk utama MotoGP Valencia 2021 ini. Namun, perpisahan Danilo Petrucci juga tak kalah mengharukan.

Prestasi Petrux, sapaan akrab Danilo Petrucci, di ajang MotoGP memang tak semengilap Valentino Rossi. Rossi mengoleksi tujuh gelar juara dunia di kelas utama, sedangkan Petrucci tak pernah merasakan nikmatnya menjadi juara dunia MotoGP.

Meski tak pernah juara dunia, Petrucci tetap mendapatkan tempat khusus di hati penggemar MotoGP. Hal ini bisa dilihat dari ucapan perpisahan fans MotoGP kepada pebalap berusia 31 tahun tersebut.

Selain #GrazieVale, tagar #GraziePetrux juga menghiasi media sosial MotoGP usai balapan GP Valencia. Petrucci pun tak kuasa menahan air matanya selepas melakoni balapan terakhir di MotoGP.

“Ini adalah perjalanan yang bagus bisa datang ke sini (MotoGP), karena sepuluh tahun lalu tidak ada yang mengenal saya, terutama karena saya tidak tahu tentang sirkuit Grand Prix, motor, ban, atau apa pun. Tidak ada yang tahu,” kata Petrucci sebelum balapan MotoGP Valencia, seperti dikutip Crash.

“Itu adalah perjalanan panjang, tetapi saya benar-benar bersenang-senang sejak saat itu,” imbuh pebalap kelahiran Terni tersebut.

Danilo Petrucci memang merupakan pebalap “spesial”. Sebab, ia tidak berasal dari kelas di bawah MotoGP (Moto2 dan Moto3).

Petrucci memulai kariernya di dunia balap profesional dengan berlaga di ajang European Superstock 600 Championship pada 2007. Pada 2010 ia beralih ke ajang Superstock 1000 Cup.

Petrux melakoni debut di MotoGP pada musim 2012 bersama tim Ioda Racing Project. Pada musim tersebut, ia menunggangi motor dengan sasis buatan Ioda sendiri yang mengusung mesin Aprilia RSV4.

Pada musim 2015, Danilo Petrucci pindah ke tim satelit Ducati, Pramac Racing.

Petrucci bertahan selama empat musim di Pramac Racing, lalu bergabung dengan tim pabrikan Ducati dari 2019 hingga 2020.

Pada musim terakhirnya di MotoGP, Danilo Petrucci membela tim Tech3 KTM Factory Racing. Petrucci mengakhiri musim 2021 dengan berada di peringkat ke-21 berbekal 37 poin.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Danilo Petrucci tercatat telah menjalani 169 balapan dengan hasil 10 kali naik podium, dua di antaranya berupa kemenangan.

Pada balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Minggu (14/11/2021) malam WIB tersebut, Bagnaia menjadi orang pertama yang menyentuh garis finis.

Adapun, posisi kedua ditempati oleh pebalap Pramac Racing, Jorge Martin. Dominasi Ducati di Valencia dilengkapi oleh rekan setim Bagnaia, Jack Miller, yang finis ketiga.

(Ald)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here